☆ “Happy reading!!”☆

MUDAHNYA Berkomunikasi Melalui Platform Digital

 

(Pinterest: 2023)

"Media sosial disebut media sosial karena suatu alasan. Ini cocok untuk berbagi, bukan bertele-tele." - Margaret Atwood
    "Apa yang kamu ketahui tentang media sosial?", mungkin pertanyaan ini bukan hal asing lagi bagimu apalagi jika kamu adalah seorang pelajar. Namun, tahukah kamu bahwa media sosial merupakan salah satu dampak dari perubahan sosial dan teknologi. Materi mengenai perubahan sosial pasti pernah kamu pelajari di Sekolah. Kemungkinan di Sekolah, kamu hanya mempelajari secara umumnya saja namun, pada artikel ini kamu akan ditunjukkan hal lain mengenai perubahan sosial terfokusnya pada bidang komunikasi. Perubahan sosial menurut Kingsley Davis ialah wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi suatu masyarakat (RuangGuru, 2023). Wujud perubahan sosial ini dapat ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, politik, ekonomi, komunikasi dan lainnya. Bidang komunikasi merupakan salah satu wujud perubahan sosial, contoh sederhananya yaitu perkembangan teknologi aplikasi pertemuan daring, seperti Google Meet dan Zoom (Kumparan, 2023). Sebelum platform digital berkembang seperti sekarang orang-orang berinteraksi secara tatap muka atau langsung. Dengan adanya platform digital, komunikasi jarak jauh menjadi lebih nyaman dan cepat. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi jarak jauh juga menjadi lebih hemat.

(Pinterest: 2023)
A. Komunikasi
    Manfaat platform digital dapat ditemui di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, politik, termasuk juga komunikasi serupa yang telah diuraikan diatas. P
latform Digital dapat dimanfaatkan untuk membagi informasi bermanfaat, menambah relasi pertemanan serta sebagai sarana berdiskusi. Platform digital WhatsApp, Snapchat dan Telegram adalah platform yang paling banyak digunakan untuk komunikasi pribadi. Fitur call, video call, voice note dan kamera yang disediakan sangat menunjang pemakaiannya. Selain sebagai sarana komunikasi pribadi, platform digital juga dapat dimanfaatkan untuk sarana edukasi.

B. Pendidikan
      Banyak pelajar yang sudah bisa memanfaatkan platform digital untuk menambah wawasan mereka. Salah satu platform digital yang banyak dimanfaatkan pelajar yaitu Telegram. Telegram menyediakan fitur foto, link dan video agar pengguna dapat dengan mudah membagi informasi mengenai edukasi, materi pembelajaran, informasi lomba, dst. Sehingga pelajar menjadi lebih mudah belajar di mana saja dan kapan saja. Serta sekaligus mudah dalam mendistribusikan beragam ilmu (Kompas, 2023)Kamu dapat mengikuti channel Telegram seputar edukasi untuk menambah wawasanmu.

(Pinterest: 2023)
C. Ekonomi
Platform digital pada zaman sekarang bukan hanya sebagai tempat menghibur atau biasa disebut entertainment. Mulai banyak aplikasi yang disediakan untuk menunjang jual beli online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan e-commerce lainnya. Beragam fitur media sosial ini tentu memberikan kemajuan untuk menunjang berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang ekonomi. Melalui media sosial pelaku usaha kini lebih mudah dan luas menjangkau konsumen (Kompas, 2023). Melalui platform-platform ini kegiatan ekonomi menjadi lebih hemat biaya disebabkan oleh harga barang penjualan relatif lebih murah dibanding dengan harga toko offline. Namun, terlepas dari hal positifnya e-commerce juga memiliki sisi negatifnya yaitu toko-toko offline menjadi sangat jarang dikunjungi karena masyarakat lebih memilih untuk belanja di e-commerce yang dianggapnya lebih efisien dan murah.

D. Politik
Isu politik mengenai perebutan wilayah antara Palestina dan Israel sedang menjadi perbincangan hangat di Internet. Isu ini terus muncul sebab, banyak platform digital yang tidak henti membahas dan memberikan informasi-informasi terkait isu tersebut. Melalui platform digital, informasi-informasi politik seperti contoh di atas dapat dengan mudah dicari oleh masyarakat sehingga mereka tidak akan ketinggalan informasi.  
(Productivemuslim: 2023)

E. Budaya
    Contoh nyata manfaat platform digital bidang budaya dapat dilihat dari konten-konten digital yang dibuat oleh David Allen, Setahun belakangan ini david lebih sering membuat video yang bertemakan kehidupan bule di bali dan bagaimana memperkenalkan budaya bali/indonesia pada turis di bali serta tidak lupa bagaimana memperkenalkan budaya dari berbagai negara pada subscribernya (Dutadamaisumaterabarat, 2020).

    Dari banyaknya manfaat positif, platform digital tidak luput dari hal negatif. Platform digital mendatangkan permasalahan internet seperti pemalsuan informasi pribadi hingga data, cyberbullying yang dilakukan pengguna kepada sesama pengguna dan penipuan online. Dengan adanya hal-hal negatif ini, pengguna internet diharapkan dapat bijak dalam berinteraksi di media sosial.

    Nah!! itu dia manfaat dan hal-hal negatif platform digital jika dilihat dari berbagai bidang kehidupan. Ternyata internet tidak seburuk yang kita pikirkan ya!. Jadi, ayo mulai sekarang kita lebih bijak lagi dalam menggunakan platform digital agar kita bisa mendapatkan manfaatnya. Sekian dari author, jangan lupa kasih feedback. Byeeee moons!

    Referensi:

  • www.kumparan.com.23 April 2023. Penjelasan tentang Perubahan Sosial Menurut Kingsley Davis. 30 Oktober 2023.
  • www.ruangguru.com.24 Maret 2023. 7 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli | Sosiologi Kelas 12. 30 Oktober 2023.
  • www.dutadamaisumaterabarat.id.21 April 2020. David Allen Content Creator Asal Bali. 06 November 2023.
  • www.kompas.com.30 Januari 2023. 4 Dampak Positif Penggunaan Media Sosial di Kehidupan Sehari-hari. 06 November 2023.
  • www.productivemuslim.com. Interview with David Allen: the Guru of Getting Things Done. 08 November 2023.

Komentar

Postingan Populer